Selasa, 30 November 2010

Maria C. Coyne, 'Dewi' Bagi Para Pengusaha Perempuan

WANITA yang menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif segmen Bisnis Perbankan di KeyBank ini termasuk pribadi yang luar biasa. Dia menyadari bakatnya di bidang keuangan, dan mengelolanya sedemikian rupa, sehingga bukan hanya sukses berkarir di dunia perbankan, tapi juga berjasa dalam mengembangkan usaha yang dirintis kaum perempuan.

Maria C. Coyne, itulah namanya. Wanita yang juga merupakan anggota Dewan Eksekutif KeyCorp ini menyadari minatnya di bidang keuangan ketika masih remaja. Kala itu, setiap kali dia dan kawan-kawannya bermain boneka, dia menjadi teller bank dengan menggunakan uang permainan monopoli sebagai alat tukar dan bertransaksi. Sejak itu, dia memfokuskan diri untuk berkarir di bidang yang disukainya itu.


''Saya selalu tahu bahwa saya memiliki minat yang kuat di bidang keuangan. Selain itu, saya juga seorang kutubuku,'' katanya seperti dikutip situs forbes.com.


Coyne bergabung dengan KeyBank, bank ke-16 terbesar di Amerika Serikat dan bermarkas di Cleveland, pada 2001, sebagai wakil presiden senior di kelompok perencanaan strategis. Sebelumnya, ia adalah perencana strategis bisnis kecil di Greater Cleveland Growth, dan menghabiskan lebih dari 10 tahun bekerja di Bank One, melayani di berbagai kapasitas manajemen sebelum menjadi direktur pemasaran.

Penyandang gelar Sarjana Administrasi Bisnis di bidang Keuangan dari University of Notre Dame ini juga pendiri Key$Women, sebuah inisiatif bisnis milik perempuan di KeyBank yang sejak 2005 telah menyalurkan dana pinjaman senilai US$3 miliar kepada pengusaha perempuan. Ia bahkan berkomitmen untuk memberikan pinjaman tambahan hingga sebesar US$ 3 miliar pada 2012.

''Saya selalu senang bekerja dengan usaha kecil, yang bergantung pada kemampuan inovatif, karena dana yang disediakan pemerintah untuk mendukung usaha ini seperti datang dan pergi, sehingga dapat menganggu tumbuh kembang usaha kecil itu. Jika Anda ingin menjadi seorang bankir di sektor ini, Anda perlu memelajari bagaimana mengendarai ombak. Saya bekerja untuk membangun sesuatu yang berkelanjutan, yang akan berlangsung terus, terlepas dari apakah ada dana dari pemerintah atau tidak,” jelasnya.

Peluncuran Key$Women bermula dari kerja keras timnya yang melakukan cara-cara informal. Mereka membangun kemitraan dengan beberapa kelompok perempuan di penjuru negeri, yang pada akhirnya menghubungkan mereka dengan para pengusaha perempuan yang membutuhkan modal. Dia berhasil menggunakan perbankan sebagai sebuah kesempatan untuk memecahkan masalah nyata, dan membantu orang mencapai impian pribadi dan bisnis mereka. Berkat usahanya ini, dia juga mampu memberikan pemasukan antara US$ 1 juta hingga US$10 juta bagi KeyBank, dan ia tetap fokus untuk membantu para pemilik usaha kecil dan perempuan agar mampu membangun perusahaan sendiri hingga dua kali lipat lebih tinggi dibanding yang mampu dicapai kaum lelaki.

"Saya berpikir, coba bayangkan betapa banyak yang dapat kita lakukan jika kita meresmikan upaya ini. Saya tahu bahwa cara terbaik untuk mengembangkan bisnis kami (KeyBank-red) adalah dengan berinvestasi dalam segmen yang tumbuh lebih cepat daripada ekonomi yang dalam kasus ini adalah bisnis milik kaum perempuan," katanya.

Sejak bergabung dengan KeyBank, Coyne juga telah menjadi direktur di bidang pengalaman klien untuk KeyBank National Association dan kepala petugas administrasi untuk Key Community Banking. Selama menduduki jabatan tersebut, dia sukses membantu KeyBank menjadi bank dengan peringkat tertinggi dalam hal kepuasan costumer atas layanan perbankan versi American Customer Satisfaction Index (ACSI) pada 2010 ini.

Kesuksesan Coyne di dunia perbankan juga membuatnya menjadi laksana salah seorang selebritis kelas dunia, karena dia salah seorang yang selalu dicari para penyelenggara seminar dan talk show yang berkaitan dengan dunia keuangan, perbankan, dan usaha kecil, untuk dijadikan pembicara. Sejauh ini dia juga sudah sering tampil di CNN, SmartMoney.com, NPR, dan berbagai media nasional Amerika seperti The Wall Street Journal, Enterprising Women, BusinessWeek SmallBiz, American Banker, dan U.S. Banker.

Coyne berhasil mencapai prestasi tertingginya karena sadar akan kemampuan dan bakatnya di bidang keuangan, dan fokus pada tujuannya. Karena fokus, dia senantiasa menyusun rencana dan strategi secara detil, matang, dan terukur, dan mengimplementasikannya dengan baik dan benar. Dia juga selalu berorientasi untuk memberikan yang terbaik bagi orang lain, terutama bagi perusahaan dan klien-kliennya. Wanita ini menginspirasi banyak orang yang ingin sukses seperti dirinya.
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP